Rame-Rame Remove WhatsApp? Baca Ini Dulu!

0

Saya kebetulan pemerhati App dan juga sekaligus bermain di bisnis Internet. Dan saat ini ada 1 fenomena yang lagi ramai, yaitu masalah aturan privasi baru facebook sebagai induk dari aplikasi WhatsApp.

Apa yang dilakukan facebook dengan pembaharuan kebijakan privacy-nya sebenarnya adalah sesuatu yang wajar-wajar saja, hanya saja bagi orang awam dibidang programming dan bisnis internet mungkin sulit atau tidak memahaminya.

Privacy dan Kebijakan Barau Facebook - WhatsAppWhatsApp sampai saat ini disediakan gratis, tanpa iklan, dengan fasilitas yang “Wah” kepada penggunanya. Berbeda dengan aplikasi youtube milik facebook dimana memang sudah dilengkapi dengan fasilitas periklanan.

Jadi menurut hemat saya, sebagai pemilik aplikasi/website bisnis, apa yang dilakukan oleh facebook ini adalah untuk mulai memasukkan whatsapp kedalam salahsatu sumber bisnis mereka dalam periklanan mereka di Facebook seperti yang sudah dilakukan pada youtube, atau yang sudah dilakukan oleh google dengan mesin pencariannya dimana ada fasilitas periklanan google adwords-nya.

Mungkin tulisan disalahsatu artikel detik tentang Mengenal Metadata WhatsApp sudah mewakili pendapat saya mengenai kebijakan baru dari facebook ini terhadap aplikasi WhatsApp yang dimilikinya.

Dan jika Anda memang ingin beralih ke aplikasi lain juga tidak masalah, tapi tentu-nya akan ada plus-minusnya, dan lakukanlah secara bertahap.

Tapi Kenapa Mesti Yang Tidak Ikut Privacy Baru Tidak Dapat Mengakses/Menggunakan WhatsApp lagi?

Menurut hemat saya ini adalah cara supaya kapasitas dan beban penggunaan server mereka berkurang, dan hanya terisi dengan user-user yang benar-benar serius menggunakan dan menyukai WhatsApp saja.

Serius Ingin Ganti WhatsApp Ke Aplikasi Lain?

Baca juga tulisan lainnya tentang Untung Rugi Pindah dari WhatsApp ke App Lain yang ada disitus detik, sebelum Anda memutuskan pindah ke aplikasi lain selain WhatsApp.

Tapi bagaimanapun juga, Aplikasi yang akan Anda pilih untuk pindah tentunya suatu saat akan memikirkan juga hal yang sama seperti facebook, yaitu bagaimana mereka mendapatkan profit dari aplikasi mereka yang sudah digunakan oleh orang banyak secara gratisan tersebut 🙂

Sudah Tahu Seperti Apa Privacy Baru Facebook Untuk WhatsApp?

Tapi ngomong-ngomong apakah Anda sudah tahu apa saja kebijakan baru facebook tersebut dan sudah pahak maksudnya? Jika belum tahu isi kebijakan facebok dan seperti apa maksudnya, mungkin Anda perlu mengetahuinya juga terlebihdahulu.

Anda bisa membaca ulasan tentang WhatsApp Punya Kebijakan Privasi Baru, Ini 8 Poin Pentingnya yang ada di situs detik supaya Anda juga tahu seperti apa isi kebijakan facebook tersebut.

Jadi seperti yang sudah saya ungkapkan diatas, dimana dari sisi programming apa yang dilakukan facebook masih tergolong aman karena di whatsapp sudah tersedia fasilitas encrypsi data, dan dari sisi pemilik bisnis internet, juga apa yang dilakukan oleh facebook masih termasuk hal yang wajar dan ini juga dilakukan oleh aplikasi atau website lainnya, terutama mereka yang sudah banyak penggunanya.

Seperti itulah pendapat saya, dan mungkin saja ada yang berbeda dengan Anda. Untuk itu silahkan tuliskan komentar dan tanggapan Anda mengenai kebijakan baru dari facebook dibagian komentar dibawah ini ya 🙂

 

January 18, 2021 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

@2011FBSAYA     Powered by WordPress     Peta Situs
Skip to toolbar