Apakah Anda berencana ingin menggunakan baju kebaya dan ingin mengetahui tips memilih kebaya dengan tepat? Baju kebaya itu sendiri adalah salah satu baju yang banyak digunakan kebanyakan orang saat ini, dan baju adat biasanya identik dengan baju daerah jawa.

baju kebaya tradisional dan modernNamun saat ini baju kebaya tidak hanya untuk pakaian adat saja, namun baju model seperti ini sudah lazim dikenakan orang-orang untuk menghadiri atau mengadakan acara tertentu. Berbagai acara yang bisa menggunakan pakaian kebaya adalah pernikahan, wisuda, peragaan busana kebaya, kartinian, sinden penyanyi lagu jawa dan sebagainya.

Pakaian kebaya ini akan membuat para pemakainya menjadi lebih cantik dan anggun. Sebelum Anda menggunakan kebaya tersebut, Anda bisa mengetahui tips memilih kebaya dengan tepat agar tidak salah pilih.

Berikut ada beberapa tips memilih baju model kebaya dengan tepat yang bisa Anda lakukan :

1. Memilih Baju Kebaya Sesuai Dengan Warna Kulit

Salah satu tips memilih baju kebaya dengan tepat adalah memilih kebaya yang sesuai dengan warna kulit. Pemilihan baju model kebaya ini harus diperhatikan dengan benar, jika tidak maka penampilan Anda tidak terlihat bagus. Jika pemilihan baju kebaya sesuai dengan warna kulit, maka kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan bersih.

Selain itu jika pemilihan warna kebaya yang tepat, maka mata akan terlihat mempesona dan rambut juga akan terlihat berkilau dan indah. Jika Anda sudah salah memilih warna baju kebaya, Anda akan terlihat kusam dan tidak bersih, bentuk pipi yang cukup besar, dan akan membuat gigi seakan-akan tidak berwarna putih.

Jika Anda mempunyai kulit berwarna agak gelap, usahakan memilih warna baju kebaya yang terang dan cerah seperti biru, pink, putih, dan sebagainya. Jika warna kulit Anda putih dan cerah, Anda bisa memilih warna yang lebih lembut seperti putih, biru terang, coklat dan sebagainya.

2. Memilih Kebaya Untuk Ibu Hamil

Jika Anda sedang hamil, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa memakai kebaya. Jika Anda sedang hamil masih bisa mengenakan kebaya dengan nyaman. Anda masih bisa tetap tampil cantik saat hamil dan menghadiri acara tertentu. Anda bisa memilih pakaian kebaya dengan model baby doll atau kebaya yang mempunyai lengan pendek dan kerah baju model kebaya dengan model V jika Anda tidak berhijab agar lebih simpel dan terlihat baik.

Anda juga bisa memilih baju kebaya yang mempunyai kamisol atau bustier yang dipasangi karet pada bagian belakang. Hal ini dilakukan agar dalam pemakaian baju model kebaya terasa aman dan nyaman. Anda tidak perlu menggunakan baju kebaya yang mempunyai model lengan panjang, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan akan menahan rasa sakit jika menggunakan model kebaya lengan panjang.

3. Memilih Kebaya Untuk Tubuh Yang Mungil

Jika Anda memiliki tubuh yang mungil tidak perlu khawatir untuk bisa tampil cantik. Walaupun memiliki tubuh yang mungil, Anda tetap dapat menggunakan pakaian kebaya yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Jika badan Anda kecil dan mungil, Anda bisa memilih kebaya dengan kerah yang terbuka pada bagian tubuh Anda.

selain itu, Anda juga bisa menggunakan kebaya dengan model shabrina atau kebaya dengan model adat sunda. Dengan memperlihatkan kerah terbuka pada dada akan memberikan kesan bahwa tubuh Anda tidak terlalu kecil dan akan membuat tubuh Anda terlihat besar.

Yang harus Anda perhatikan lagi adalah jangan memilih pakaian kebaya yang ketat dan tidak longgar, sebab  kebaya yang tidak longgar akan membuat tubuh Anda semakin kecil. Anda harus memilih kebaya yang longgar dan mempunyai panjang kebaya sampai panggul atau sampai paha agar penampilan Anda semakin baik dan sempurna.

4. Memilih Kebaya Untuk Tubuh Langsing Dan Tinggi

Jika Anda mempunyai tubuh yang tinggi dan langsing, Anda bisa memakai pakaian kebaya dengan model kartini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kebaya dengan model kerah shanghai leher kura-kura dan stand collar. Berbagai model tersebut akan mendukung tubuh Anda yang tinggi dan langsing.

Anda juga bisa memilih model kebaya dengan lengan yang berbentuk balon. Lengan bentuk balon ini akan menyamarkan tubuh Anda agar tidak terlihat terlalu kurus. Selain itu juga pemilihan baju model kebaya yang tidak ketat dan sedikit diberi kelonggaran agar tubuh terlihat agak berisi dan tidak terlihat terlalu kurus.

5. Memilih Kebaya Untuk Tubuh Pendek Dan Berisi

Tubuh yang pendek dan berisi juga menjadi masalah yang dihadapi banyak orang sehingga akan kehilangan rasa percaya diri. Tetapi bagi Anda yang mempunyai tubuh yang pendek dan berisi juga tetap bisa tampil cantik dengan busana kebaya yang pemilihannya tepat. Anda bisa memilih model kebaya kutubaru yang mempunyai panjang sepinggul agar terlihat cantik dan sesuai dengan tubuh Anda.

6. Memilih Baju Kebaya Untuk Tubuh Bongsor Atau Besar

Memiliki tubuh yang besar menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan banyak orang. kebanyakan orang yang memiliki tubuh yang besar akan merasa tidak percaya diri memakai kostum apapun. Namun, jika Anda memiliki tubuh yang besar dapat tampil cantik dengan busana kebaya dan dengan pemilihan yang tepat. Anda bisa memilih pakaian kebaya dengan model klasik kartini.

Model kebaya ini akan membuat tubuh besar Anda menjadi lebih proporsional. Model pakaian kebaya kartini ini bisa Anda pilih dengan panjang sampai pinggul atau lebih baik panjangnya melebihi pinggul. Anda harus menghindari model kebaya yang panjangnya hanya sampai paha karena akan lebih membentuk tubuh Anda yang tinggi dan besar. Hindari juga penggunaan baju model kebaya yang banyak mengandung payet pada bagian perut.