Meskipun menyedot debu dapat menghilangkan sebagian besar tanah kering, penting juga untuk sering membersihkan karpet Anda untuk menghilangkan tanah berminyak dan lengket yang menumpuk di tumpukan akibat bau dan kotoran dari luar. Jika Anda dapat membersihkan karpet sebelum menjadi terlalu kotor, tugasnya akan jauh lebih sederhana dan efektif.

Melakukan Pembersihan Karpet

Tips Membersihkan Karpet

Ada kepercayaan yang sepenuhnya salah bahwa membersihkan karpet terlebih dahulu akan menyebabkannya menjadi lebih cepat kotor. Dalam keluarga biasa, karpet harus dibersihkan setiap 12 hingga 18 bulan, tergantung pada jumlah penghuni dan jumlah lalu lintas pejalan kaki. Memilih vakum yang tepat juga penting. Beberapa penyedot debu meninggalkan kotoran, yang memudahkan resoling dan menggagalkan tujuan membersihkan rumah.

Adalah keuntungan terbaik Anda untuk menyewa pembersih profesional karena pengalaman mereka akan memungkinkan mereka melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada yang Anda bisa. Peralatan mereka memiliki daya ekstraksi yang lebih besar daripada yang dapat Anda akses, dan karpet juga akan lebih cepat kering. Mereka akrab dengan solusi pembersihan yang tepat dan konstruksi karpet dan variasi serat.

Jika Anda memutuskan untuk menyewa peralatan pembersih uap dan melakukan pekerjaan itu sendiri, Anda harus membandingkan beberapa sistem sebelum memilih satu. Sebagian besar properti sewaan tidak cukup dibersihkan dan dapat merusak karpet Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengingat hal-hal berikut:

  • Beberapa perusahaan persewaan menyediakan peralatan pembersih yang sebanding dengan yang digunakan oleh para ahli. Daya vakum mesin harus cukup untuk mengeringkan karpet dalam waktu 12 jam. Anda harus selalu menghindari unit persewaan eceran dan toko grosir yang tidak dapat mengekstrak larutan pembersih dari karpet dengan cukup cepat, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada karpet.
  • Berhati-hatilah agar karpet tidak terlalu basah. Kelembaban yang terus-menerus dapat menyebabkan pembentukan jamur dan bakteri di karpet, serta memengaruhi pengoperasian alas. Karpet basah yang tetap basah selama lebih dari dua puluh empat jam dapat menyebabkan kesulitan. Anda dapat mengontrol ini dengan menggunakan peralatan dan pelatihan yang tepat.

Karpet dengan perawatan tahan noda harus dibersihkan dengan produk yang dibuat khusus untuk tujuan ini; jika tidak, ketahanan noda akan terganggu dan garansi dibatalkan. Jangan pernah menggunakan produk pembersih atau penghilang noda yang mengandung pemutih, karena dapat mengubah warna karpet.

Tips Membersihkan Karpet

Merawat dan menjaga kebersihan karpet tidak hanya bermanfaat, tetapi juga dapat memperpanjang umur karpet. Jika Anda baru saja memasang karpet, Anda sangat menyadari biaya yang terkait.

Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan karpet:

1. Bersihkan Secara Mendalam Sesering Mungkin

Pastikan karpet dibersihkan secara mendalam sesering yang diperlukan. Untuk mendapatkan karpet bersih, Anda perlu menyewa pembersih profesional atau berinvestasi dalam mesin pembersih dalam. Ada kelebihan dan kekurangan sistem ini, tetapi harus dibersihkan dengan hati-hati setiap enam bulan atau lebih.

2. Segera Bersihkan Sesaat Setelah Terkena Noda

Awasi tumpahan dan segera bersihkan untuk menjaga kebersihan karpet Anda. Sebagian besar tumpahan dapat dibersihkan dengan air saja. Jika gagal, cukup perluas pencarian Anda. Ada banyak barang di pasaran yang dapat membantu Anda membersihkan tumpahan dengan cepat.

Item ini memiliki berbagai aplikasi dan dapat berguna saat mencocokkannya dengan berbagai jenis tumpahan. Anda juga dapat menggunakan kombinasi air dan cuka untuk mencegah noda. Dengan bertindak cepat, Anda dapat menghindari tumpahan dari pembentukan noda yang membuat karpet Anda kotor dan tidak rapi.

3. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Karpet yang bersih adalah karpet yang dirawat dengan cermat. Anda harus selalu meluangkan waktu untuk menyedot debu karpet Anda secara teratur dan menyeluruh.

Ini mengharuskan berjalan di atas lantai dalam berbagai arah untuk memberikan waktu vakum untuk mengumpulkan puing-puing sebanyak mungkin. Penyedot debu yang paling efektif adalah penyedot debu dengan kualitas terbaik, karena paling banyak menghilangkan kotoran.

4. Letakkan Keset Didepan Pintu Masuk

Penggunaan pintu masuk yang benar akan sangat membantu dalam membersihkan sepatu orang dan menjaga sebagian besar kotoran yang terlacak dari permukaan karpet. Anda harus selalu meletakkan keset di luar pintu Anda dan meminta semua orang yang memasuki rumah Anda untuk menyeka sepatu mereka di keset sebelum masuk. Selain itu, Anda dapat melepas sepatu Anda dan menyarankan agar tamu melakukan hal yang sama sebelum memasuki rumah Anda.

Sekitar delapan puluh persen kotoran yang masuk ke dalam bangunan atau tempat tinggal adalah kering. Dua puluh persen sisanya terdiri dari lemak, minyak, dan karbohidrat. Jenis tanah kering hanya disedot. Selama mereka dihapus setiap hari, mereka akan membantu meminimalkan kerusakan karpet.

Bahkan jika Anda belum pernah melakukannya, Anda mungkin menyadari manfaat dari karpet bersih. Jika dirawat dengan baik, karpet yang bersih akan meningkatkan nilai sebuah rumah. Ini juga akan membantu menghilangkan bau dari rumah. Ini juga akan membantu Anda menciptakan ruang hidup yang nyaman untuk keluarga dan teman-teman Anda.