Tepung terigu memiliki jumlah protein yang berbeda, meski sepintas terlihat sama. Mereka berbeda dalam hal berapa banyak protein yang mereka miliki dan juga diperuntukkan untuk membuat apa. Karena setiap jenis tepung digunakan dengan cara yang berbeda, seperti pada terigu ber-protein sedang.

Terigu Protein Sedang

Maka perbedaan tepung ini juga akan mengubah cara swebuah olahan dibuat. Dan kali ini, kami ingin sharing tentang jenis tepung ber-protein sedang, yang juga disebut tepung serbaguna.

Mengenal Lebih Lanjut Terigu Protein Sedang

Tepung serbaguna dibuat untuk memiliki jumlah gluten sedang, biasanya sekitar 12 persen. Hal ini menjadikannya sebagai tepung serbaguna yang baik, dan dapat digunakan untuk berbagai macam pembuatan kue. Tepung terigu jenis ini adalah tepung serbaguna yang baik, namun sebagian besar pembuat roti profesional tidak menggunakannya.

Ada cukup banyak merk terigu yang saat ini ada dipasaran, maka tergantung pada apa yang akan Anda buat, sebagian besar pembuat roti profesional biasanya lebih memilih untuk menggunakan tepung yang peruntukannya lebih spesifik seperti tepung terigu untuk roti, tepung kue, atau tepung untuk jenis olahan lainnya yang terbuat dari terigu.

Jika Anda pernah mendengar nama atau istilah tepung terigu serbaguna, maka itulah yang dimaksud dengan tepung terigu protein sedang. Kandungan gluten yang dimilikinya sekitar 10 s/d 11%. Dan sesuai penamaannya, terigu dengan protein sedang ini bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis makanan olahan yang menggunakan terigu.

Namun ketika sebuah resep hanya mengatakan “tepung”, maka itu berarti yang dimaksud adalah terigu protein sedang ini. Sebuah jenis tepung terigu yang terbuat dari campuran gandum lunak dan gandum keras. Mengandung 10 hingga 12 persen protein, sehingga menjadikannya salahsatu makanan pokok yang cukup baik untuk kesehatan.

Kegunaan Terigu Serba Guna Ini

Meskipun tidak cocok digunakan untuk semua olahan dari terigu, namun tepung yang satu ini adalah tepung terigu yang paling berguna karena dapat digunakan untuk membuat kulit pie yang renyah, biskuit yang lembut, dan roti yang kenyal.

Anda dapat membeli tepung merk tertentu yang diputihkan atau tidak. Keduanya sebagian besar dapat dipertukarkan, tetapi yang terbaik adalah mencocokkan tepung dengan resep yang akan dibuat.

Jika Anda tidak terlalu sering membuat roti atau kue, tepung ini merupakan pilihan yang baik karena dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan ringan. Seperti namanya, “serbaguna.” Tepung jenis ini juga paling mudah ditemukan, bahkan di warung-warung kecil sekalipun.

Disalahsatu artikel situs web Fine Cooking, disebutkan bahwa kue yang dibuat dengan terigu protein sedang ini sedikit lebih keras daripada kue yang dibuat dengan terigu khusus.

Ada cukup banyak merk terigu ber-protein sedang atau terigu serbaguna ini, namun yang paling terkenal adalah: segitiga biru, beruang biru, bola salju, sania, serta tepung terigu dengan merk kompas. Namun jika Anda bingung mau pakai merk yang mana, mungkin tulisan kami lainnya dengan judul Merk Terigu Apa Yang Saya Pakai bisa menjadi masukan.

Namun disisi lain, roti yang dibuat dengan tepung ini sedikit lebih lembut, namun dan tidak semulus roti yang dibuat dengan tepung khusus roti. Tetapi perbedaan ini tidak terlalu jelas bagi orang-orang awam.

Makanan Yang Cocok Menggunakan Terigu Serbaguna Ini

Sebenarnya hampir semua olahan yang terbuat dari tepung terigu bisa dibuat menggunakan jenis terigu yang satu ini, namun ada beberapa makanan olahan terigu yang lebih bagus jika menggunakan tepung ini. Dan berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa dibuat dengan tepung terigu protein sedang ini, yaitu:

1. Donat
2. Brownies
3. Kue Bolu
4. Pancake
5. Cakwe
6. Roti Sederhana
7. Aneka Kue Basah
8. Kulit Pangsit
9. Pastel
10. Kulit Lumpia
11. Dll.

Jadi tepung serbaguna atau terigu protein sedang ini memiliki jumlah protein yang hampir sama dengan tepung gandum utuh. Anda dapat menggunakannya dalam resep apa pun yang membutuhkan tepung, tetapi ini paling cocok untuk kue kering seperti muffin, roti cepat saji, dan kulit pai. Ini cukup kuat untuk membuat roti tetapi cukup halus untuk membuat scone dan biskuit yang lembut.

Anda juga mungkin sebaiknya mengenal jenis-jenis tepung terigu lainnya selain yang ber-protein sedang ini. Bisa membacanya pada tulisan kam lainnya mengenai jenis-jenis tepung teirgu.

Kesimpulan

Tepung serbaguna dibuat dengan sekitar 12% gluten, yang berada di tengah kisaran. Tergantung pada apa yang mereka buat, pembuat roti profesional menggunakan tepung roti, tepung kue, atau tepung kue. Tepung ini merupakan campuran dari tepung keras berprotein tinggi dan tepung lunak bergluten tinggi (rendah protein).

Terigu protein sedang atau tepung terigu serbaguna ini terbuat dari campuran gandum lunak dan keras dan memiliki protein dalam jumlah sedang. Ini cukup kuat untuk membuat roti tetapi cukup halus untuk membuat scone dan biskuit yang lembut.