Tepung terigu adalah bahan yang berasal dari biji gandum dalam bentuk bubuk atau butiran putih yang sangat halus. Tepung terigu sering digunakan dalam persiapan berbagai makanan. Namun, tepung dibagi menjadi beberapa kategori, jadi Anda harus memilih jenis yang sesuai untuk hidangan yang ingin Anda siapkan.

tepung terigu protein rendah

Sepintas, mereka mungkin tampak identik, tetapi tepung terigu hadir dalam banyak varietas. Variasi karakteristik tepung terigu dipengaruhi oleh kualitas gandum, prosedur penggilingan, dan daerah tempat gandum ditanam.

Kegunaan Terigu Rendah Protein

Tepung terigu saat ini tersedia dalam tiga varietas, yang dapat dibedakan berdasarkan kandungan proteinnya. Dua di antaranya, protein tinggi dan protein sedang, telah kami sebutkan sebagai referensi belanja produk tepung terigu ini sebelumnya. Dan pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas jenis tepung yang berbeda yaitu tepung rendah protein.

Tepung berprotein rendah juga dapat digunakan untuk membuat kue dengan rasio gula-tepung yang lebih tinggi. Oleh karena itu, saya juga memanfaatkan bahan tepung rendah protein untuk jenis kue kering manis ini.

Umumnya, tepung rendah protein digunakan untuk membuat adonan pastry untuk kue nasturtium dan kue-kue lainnya. Biasanya, kandungan proteinnya turun antara 8 dan 9 persen. Tepung jenis ini sulit untuk diuleni dan memiliki kapasitas pengembangan yang rendah. Dengan sifat tersebut, tepung rendah protein ini lebih cocok untuk membuat kue kering, biskuit, kue kering, dan kue kering yang tidak memerlukan fermentasi.

Jenis Makanan yang Cocok untuk Tepung Rendah Protein

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, tepung rendah protein ini lebih cocok digunakan pada kue kering dan gorengan. Karena rasanya lebih pedas dan gurih. Dan di bawah ini adalah daftar makanan yang lebih cocok untuk digunakan dengan tepung rendah protein:

  1. Goreng-gorengan
  2. Kue nastar
  3. Biskuit
  4. Pastel

Tepung terigu, sebagai salah satu bahan makanan yang paling populer, memiliki banyak manfaat kesehatan, dan manfaat ini tetap ada bahkan setelah gandum melalui beberapa langkah pengolahan.

Lihat Juga: Sebelum Membuat Kue, Lihat Dulu Jenis-Jenis Terigu-nya

Penutup

Gandum mengandung karbohidrat (pati), protein, asam folat, vitamin E, asam lemak esensial, vitamin B, dan serat yang tinggi. Tepung terigu mengandung sejumlah besar pati, karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Selain itu, gandum mengandung protein dalam bentuk gluten, yang berkontribusi pada elastisitas makanan berbasis gandum.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tekstur tepung rendah protein ini lebih ringan dan renyah. sehingga tepung terigu protein rendah dapat digunakan untuk membuat adonan pastry, cookies, dan gorengan. Begitu banyak resep kue kering yang menggunakan tepung terigu protein rendah sebagai bahan utama untuk mendapatkan tekstur yang renyah.