Powerbank adalah salah satu teknologi yang dimiliki oleh banyak pengguna ponsel modern, khususnya di Indonesia. Kata bahasa Inggris “power bank,” yang berarti “tempat untuk menyimpan daya,” adalah asal kata “power bank”.

power bank

Jadi benda kecil ini bisa digunakan untuk menggerakkan sesuatu. Sangat membantu untuk memberi daya ke perangkat yang baterainya habis (taruhan rendah). Orang yang jarang tinggal di dalam rumah tapi selalu membutuhkan gadgetnya biasanya sangat membutuhkannya. Selain mudah dibawa, baterai gadget ini juga mudah dan cepat untuk diisi.

Power Bank Terbaik

Kebanyakan orang mencari powerbank terbaik untuk mengisi daya ponsel mereka saat mereka bepergian dan tidak ada cara untuk mengisi dayanya. Dan ada banyak powerbank yang bagus di pasaran, tetapi ada juga beberapa yang tidak bagus, jadi kami tidak merekomendasikannya. Dari sekian banyak powerbank yang ada di pasaran, mana yang terbaik?

Jadi, cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan melihat daftar powerbank yang digunakan pada tahun 2021. Dan menurut referensi di situs Tokopedia, power bank terbaik pada tahun 2021 adalah:

1. Powerbank Robot
2. Powerbank Vivan
3. Powerbank Anker
4. Powerbank Romoss
5. Powerbank Delcell

Kamu juga bisa melihat merk powerbank yang bagus dengan melihat daftar powerbank yang masuk dalam kategori “terbaik” di tahun 2021. Jadi, di tahun 2021, ada lima merk powerbank yang bagus dan direkomendasikan yaitu Robot, Vivian, Anker, Romoss, dan Delcell. Mungkin saja semuanya tidak akan banyak berubah pada tahun 2022, jadi merek powerbank tersebut mungkin masih menjadi yang terbaik saat ini.

Harga Powerbank

powerbank deviceDari segi harga, produk powerbank cukup beragam. Namun kisaran atau selisih perbedaan harganya tidaklah terlalu jauh untuk tipe yang sama. Sebagai contoh harga power bank 10000 mah dengan merk RAVPower adalah seharga Rp 169.000, sementara merk Copper seharga Rp 164.900. Ada juga yang merk Xiaomi 10000 mAh dengan harga Rp 169.290, dan juga powerbank samsung seharga Rp 129.900.

Tapi apa maksud dari angka mAh yang tertera di power bank tersebut? Satuan mAh, yang merupakan singkatan dari “mili ampere jam,” adalah produk dari arus (mA/mili ampere) dan waktu (jam). Jadi, ini berarti powerbank dapat memberikan arus sebesar 5000 mA selama 1 jam, 2500 mA selama 2 jam, 1000 mA selama 5 jam, dan seterusnya.

5000 mAh dapat digunakan untuk mengetahui berapa kali power bank ini dapat digunakan untuk mengisi baterai smartphone dengan membandingkannya dengan kapasitas smartphone. Misalnya, jika kapasitas baterai smartphone adalah 3000 mAh, power bank ini dapat digunakan untuk mengisi daya 5000 x 3000 = 1,667 kali, dengan asumsi menggunakan seluruh energinya.

Dalam kehidupan nyata, energi akan hilang, sehingga perlu ada faktor seberapa baik kerjanya. Jika kita menggunakan tingkat efisiensi 90%, jumlah pengisian akan menjadi = 5000/3000 x 90% = 1,5x

Jadi untuk powerbank 10000mah bisa tahan berapa lama tergantung kapasitas batere dari smartphone-nya dan juga tingkat efisiensinya. Namun jika menggunakan rumus diatas, dengan asumsi kapasitas betere smartphone Anda adalah 3000 mAh dengan efisiensi 90%, maka waktu penggunaannya adalah 10000/3000 X 90% = 3 kali.

Sementara jika hp baterai Anda kapasitas besar seperti 20000mah, maka untuk smartphone hp baterai 20000 mAh penggunaannya hanya 10000/20000 x 90% = 0.45 kali.

Untuk lebih jelasnya, cara menghitung mAh pada powerbank bisa dilihat disini

Diatas kami sudah sharing beberapa merk yang direkomendasikan, namun mungkin sebagian dari Anda ingin mengetahui powerbank dengan kriteria tertentu. Ada dua kriteria atau jenis powerbank yang juga biasa ditanyakan oleh pengguna smartphone yaitu power bank untuk iPhone dan juga powerbank yang tergolong “Fast Charging”

Berbeda dengan ponsel Android, iPhone tidak memiliki baterai yang besar. Namun dapur pacunya diketahui mampu memaksimalkan kapasitas baterainya, yang menurut sebagian orang kecil. Tetapi ada sejumlah merek aksesori ponsel di seluruh dunia yang membuat powerbank yang berfungsi dengan perangkat iPhone dan Apple pada umumnya.

Maka jika Anda sedang mencari produk power bank untuk iPhone, maka beberapa merk berikut ini adalah yang kami rekomendasikan. Merk-merk tersebut adalah: Samsung, Mophie, Hippo, Remax, Anker, Aukey, Xiaomi, Vyatta, RAVPower, Vivan.

Powerbank dapat menyimpan daya dalam jumlah yang berbeda, dari standar 300 mAh hingga lebih dari 11000 mAh, dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengisi daya powerbank hingga penuh. Setelah penuh, Anda dapat membawanya saat bepergian ke luar, di mana tidak ada colokan listrik.

Saat perangkat Anda hampir kehabisan daya, Anda dapat menggunakan powerbank ini untuk mengisi dayanya. Sebagian besar power bank juga dilengkapi dengan berbagai kabel pengisi daya USB, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan berbagai jenis ponsel.

Cara merawat power bank agar awet dan tidak cepat rusak:

1. Mengisi daya powerbank saat hampir mati dan mencabut pengisi daya saat semua lampu indikator menyala (sudah terisi penuh).

2. Jangan gunakan power bank untuk mengisi daya ponsel atau perangkat lain saat Anda menggunakannya, terutama jika Anda menggunakannya untuk bermain game.

3. Jangan terlalu sering mengisi daya powerbank, hanya mengisinya ketika hampir kehabisan daya.

Demikianlah sharing kami kali ini yaitu tentang apa itu powerbank, dan apa yang bisa dilakukan dengan power bank tersebut. Anda mungkin tidak perlu terlalu memperhatikan merek power bank. Karena produk yang satu ini biasanya dinilai dari seberapa bagus kerjanya dan seberapa tahannya. Tetapi beberapa saran yang kami buat di atas mungkin dapat membantu Anda menemukan powerbank yang Anda butuhkan.