Makanan olahan dari tepung terigu di Indonesia adalah salahsatu jenis produk yang banyak menghiasi pasar makanan, dan menjadi jenis makanan pavorit oleh hampir semua usia dan golongan masyarakat. Namun saat ini banyak sekali brand atau merk terigu, sehingga konsumen juga mungkin ada yang dibuat bingung mau pilih pakai produk terigu merk apa.

memilih tepung terigu

Tepung terigu itu sendiri adalah tepung yang terbuat dari biji gandum yang digiling sampai teksturnya berubah halus dan warnanya putih bersih. Jadi tepung terigu dibuat dari daging gandum bagian dalam yang sudah dipisahkan dari kulitnya.

Jenis tepung yang terbuat dari gandung juga ada yang dinamakan tepung gandum, yaitu tepung yang dibuat dari gandum yang diolah secara utuh (kalau tepung terigu yang diambil hanya daging gandumnya saja).

Adapun kandungan gluten yang terdapat di dalam tepung terigu ataupun tepung gandum lebih banyak jumlahnya dibandingkan jenis tepung lainnya. Selain itu tepung gandum atau tepung terigu memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Produsen Tepung Terigu

Seperti yang sudah kami sebutkan diawal dimana ada banyak pilihan merk untuk tepung terigu ini, sehingga Anda bisa punya banyak pilihan. Jika Anda melihat pada situs kementrian perindustrian, terdapat sekitar 27 produsen atau pabrikan terigu ini.

Lihat Daftar Produsen Terigu Disini

Dan masing-masing pabrikan terigu tersebut biasanya mengeluarkan beberapa merk sesuai spesifikasi dan penggolongan protein gandum yang digunakannya. Jadi wajar saja kalau pilihan merk tepung terigu yang tersedia cukup banyak dan beragam.

Anda bisa membaca pada tulisan kami lainnya tentang pengenalan & penggolongan tepung terigu berdasarkan protein yang dikandung-nya.

Produsen-produsen terigu tersebut tentunya memiliki operasional dan sistem yang berbeda. Tapi dalam hal memproduksi tepung biasanya memiliki konsep dan cara yang sama, bahkan menggunakan jenis mesin atau peralatan produksi yang sama.

Selain itu mereka tentunya juga sudah mempekerjakan dan merekrut orang-orang yang berkompeten dalam hal memproduksi terigu, bahkan bisa saja kemampuan dan skill mereka relatif sama. Kalaupun ada perbedaan itu wajar saja, tapi biasanya tidak begitu jauh perbedaannya.

Dengan begitu kualitas dari setiap merk terigu mestinya tidak begit jauh perbedaannya, alias relarif sama saja. Yang paling penting adalah penyesuaian jenis terigu yang akan digunakan, yang disesuaikan dengan jenis makanan olahan tepung yang ingin Anda buat.

Merk Terigu Apa Yang Saya Pilih & Gunakan?

Jika ini adalah pertanyaan Anda, maka jawaban pastinya sulit diberikan karena masalah pemilihan merk ini bisa punya banyak variabel dan pertimbangan. Namun disini saya coba bagikan beberapa masukan dalam hal pemilihan merk terigu apa yang digunakan.

1. Jika Anda Atau Keluarga Anda Hidup Dari Merk Terigu Tertentu
Tentunya jika Anda, pasangan Anda, ataupun anak Anda bekerja disebuah pabrik tepung terigu tertentu maka sebaiknya gunakanlah merk terigu yang dikeluarkan atau diproduksi oleh produsen terigu tersebut.

Hal ini sangat wajar karena Anda bisa hidup dan bisa membiayai kehidupan rumah Anda dari gaji atau penghasilan yang Anda terima dari hasil penjualan produk dengan merk tersebut.

Apapun godaannya dari merk lain, maka sebaiknya jangan beralih. Kecuali jika Anda, pasangan, atau anak Anda sudah tidak bekerja lagi disitu atau pindah ke pabrikan terigu yang lain, maka itu adalah hal yang berbeda.

2. Berdasarkan Harga Dari Terigu-nya
Apabila Anda tidak termasuk kelompok pertama diatas, maka pemilihan dari segi harga biasanya menjadi pilihan pertama. Hanya saja dalam membandingkan harga dari sebuah merk, sebaiknya ketahui juga terlebihdahulu kelas protein dari merk terigu tersebut apakah kelas protein tinggi, protein sedang, ataukah kelas protein rendah.

Pemilihan berdasarkan harga ini biasanya sangat cocok untuk mereka yang mengolah tepung terigu tersebut untuk menjadi komoditas makanan tertentu untuk dijual, ataupun untuk industri. Hal ini tentunya selain untuk bisa menekan Harga produksi, juga supaya bisa memperoleh margin keuntungan yang sedikit lebih besar.

3. Faktor-Faktor Lainnya
Pemilihan merk tertentu lainnya juga biasanya berdasarkan hubungan baik atau relationship dengan seseorang yang berafiliasi dengan pabrikan merk terigu tertentu. Dan biasanya ini ditandai dengan sering-nya menjalin komunikasi bersama, baik secara resmi dari perusahaan ataupun secara personal.

Faktor lainnya adalah kedekatan lokasi fisik dari produsen merk tertentu dengan tempat usaha dari konsumen. Hal ini terutama untuk menjaga ketersediaan stok guna mendukung operasional usaha pengolahan makan berbasis terigu oleh konsumen.

Penutup

Demikianlah sharing dan referensi belanja untuk produk tepung terigu, dimana saat ini ada cukup banyak merk terigu yang beredar dipasaran dari lebih 25 produsen (pabrik) terigu di Indonesia. Untuk jenis atau tipe terigu yang sama relatif memiliki harga dan kualitas yang sama atau tidak jauh berbeda, walaupun berbeda merk. Jadi mau pakai merk apa saja tidak masalah, yang paling penting adalah disesuaikan jenis kelas terigunya dengan jenis olahan makanan berbasis terigu yang ingin dibuat.