Pernikahan selalu menjadi momen yang sakral bagi pasangan, pernikahan merupakan akhir dari sebuah perjuangan panjang mengejar dan meyakinkan sang kekasih sekaligus awal dari sebuah perjalanan melewati tantangan baru dan babak baru kehidupan di masa yang akan datang bersama pasangan.

Kata-Kata Pernikahan Yang Menyentuh Hati

Memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah. pertimbangan yang matang kesiapan mental ataupun lainnya. Maka tak jarang pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup dirayakan meriah dengan orang terdekat serta keluarga sebagai bentuk rasa syukur.

Ketika menghadiri pernikahan seorang teman di salah satu daerah di makaasar, ada hal baru yang dilihat oleh penulis di acara resepsi tersebut. Di awal resepsi, semua berjalan lancar dan tampak biasa-biasa saja seperti acara resepsi pernikahan pada umumnya.

Hingga, satu momen dimana kedua mempelai saling mengungkapkan isi hati dihadapan para tamu undangan. Ini berlangsung cukup lama karena pasangan membacakan pesan, do’a, rasa terima kasih, serta harapan yang cukup panjang di depan semua uandangan yang hadir.

Setelah kedua mempelai membacakan harapannya, kemudian dilanjutkan oleh keluarga dan tamu undangan. Seketika penulis membuka hp sembari searching kata-kata pernikahan di internet. Belum selesai searching, sudah tiba giliran penulis menyampaikan pesan-pesan dan ucapan pernikahan kepada kedua mempelai. Dengan terpaksa penulis mengucapkan kata-kata yang terlintas di kepala saja. Hal seperti ini mungkin sudah umum dilakukan di tempat lain, tapi bagi penulis, ini pertama kali.

Selain kado pernikahan, sudah selayaknya kita juga memberikan pesan-pesan, do’a dan harapan kepada kedua mempelai. Dengan begitu, pasangan pengantin akan merasa diperhatikan dan dipedulikan oleh orang-orang sekitarnya. Hal ini juga menjadi dukungan moral untuk keduanya dalam mengarungi bathera rumah tangga kedepannya.

Berikut adalah sedikit kata-kata pernikahan yang menyentuh hati disampaikan oleh mempelai pria yang sempat penulis kutip:

“Puji Tuhan atas hari yang spesial ini, saya telah meluruskan niat untuk meminangmu, menjagamu, menerimamu dalam segala kondisi sukamu maupun dukamu. Izinkanlah aku (dengan menyebutkan nama lengkap) menjadi suamimu, menjadi pemimpin dalam hidupmu, menjadi pelindungmu, menjadi yang pertama kali mengusap air matamu dikala sedih, mejadi yang pertama kali tersenyum disaat engkau bahagia. Terimalah aku di dalam hidupmu, dalam keluarga besarmu. Dengan cinta, akan memberikan kita kekuatan, dengan cinta kita sempurnakan kehidupan bersama, dengan cinta akan membuat kita semakin kuat, kita rangkai cerita dengan cinta, Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakanmu. Dengan izin tuhan perjalanan ke depan bisa semakin lancar. Jadikan niat menikah sebagai ibadah terpanjang dalam hidup…”
(catatan: kutipan kata-kata pernikahan di atas telah mendapatkan persetujuan dari mempelai pria)

Pesan Dan Kata-Kata Mutiara Pernikahan Umum

1. “Tak ada yang lebih indah dalam hidup ini daripada membangun keluarga baru bersama orang yang tercinta.”

2. “Lelah itu biasa, kecewa itu wajar. Namun, percayalah dalam pernikahan bukan tentang seberapa kali engkau lelah dan kecewa, melainkan tentang seberapa lama dan kuat engkau bertahan.”

3. “Jika melangkah ke tingkat tertinggi, beruntunglah yang tetap bertahan dan menjadikan cinta hanya ujian dan kesabaran sebagai penjaganya.”

4. “Jadilah yang mencintai dan bukan hanya untuk dicintai karena pernikahan hanya bersama orang yang mencintai bukan dicintai.”

5. “Pernikahan yang bahagia selalu menikmati kesenangan-kesenangan persahabatan. Semua keindahan dan kemanisan bercampur dalam bahagianya hidup.”

6. “Banyak yang bisa memutuskan menikah, namun tak semua bisa mempertahankannya. Berjuanglah untuk orang yang kamu cintai, karena kutahu kau mampu. Selamat menikah.”

Pesan Dan Kata-Kata Mutiara Pernikahan Islami

7. “Semoga Allah memberikan berkahnya kepadamu dan atasmu, serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan”

8. “Berumah tanggalah dengan agama, ilmu, dan sifat saling percaya sebagai pilarnya. Jauhilah kecemburuan dan saling curiga karena akan menjadi rayap bagi bangunan yang kukuh sekalipun.”

9. “Istri adalah tulang rusukmu, ia bukanlah wanita yang bisa engkau suruh-suruh. Perlakukanlah ia dengan kelembutan, maka ia akan lebih lembut dari perlakuanmu.”

10. “Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama karena dengan menikah engkau akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupanmu.”

11. “Barakallahu lakum wa baraka alaikum” (Artinya: Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan keberkahan atas kalian)

12. “Pada mulanya Allah menciptakan satu jiwa, kemudian dia membelahnya menjadi dua. Sehingga, Allah yang maha pengasih lagi penyayang bisa menyatukannya lagi dalam pernikahan.”

Kata-kata pernikahan yang menyentuh hati bahkan dapat menjadi booster bagi kedua pasangan agar janji suci yang diucapkan senantiasa tersimpan dalam hati. Dalam sebuah peribahasa mengatakan “Ujung lidah lebih tajam dari pedang”, artinya sebuah kata yang keluar dari mulut seseorang akan lebih berbekas dibandingkan dengan sabetan sebuah pedang karena akan langsung mengenai hati yang paling dalam. Jika kata-kata yang diucapkan positif dan tulus maka pesan yang disampaikan lebih bermakna dan bertahan lama bagi si pendengar. Begitupun sebaliknya.

Baca Juga: Ide & Kata-Kata Anniversary Pernikahan

Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk terkesan pada orang yang memuji, mendoakan atau memberi harapan. dengan mengungkapkan rasa yang berdasarkan dari hati adalah salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk menyebarkan energi postif. Ketika kita meluangkan waktu untuk menghargai semua hal yang terjadi di sekitar kita maka kita menebarkan lebih banyak kegembiraan, kebahagiaan, harapan dan rasa optimisme.

Nah, itulah alasan kita harus mengucapkan atau setidaknya menuliskan pesan-pesan dan kata-kata postif untuk teman atau kerabat yang menikah. Semoga dengan pesan-pesan moral yang diutarakan untuk kedua pasangan akan membuat hubungan mereka semakin erat. Selain itu, membuat mereka lebih optimis dan berani menghadapi segala tantangan dalam kehidupan rumah tangga. Dan mulai sekarang jika ada teman yang akan menikah dalam waktu dekat, sebaiknya menyiapkan kata-kata pernikahan yang menyentuh untuk mereka, selain kado pernikahan.