Baju atasan wanita dewasa ini memang sangat beragam. Ini karena trend berpakaian di kalangan wanita memang sangat masif persaingannya. Tidak heran jika para perancang busana berlomba-lomba menyajikan model yang kreatif untuk mendukung minat berpakaian.

Lalu bagaimanakah cara membedakan baju yang bagus dan tidak? Sebenarnya, selain dari jenis kain dan cara menjahit pakaian, baju dikatakan bagus atau tidak tergantung pemakainya. Jika si pemakai nyaman menggunakannya, maka baju tersebut akan terlihat bagus untuk dilihat.

Kenali Jenis Kain Pada Baju Wanita

baju atasan wanita

Atasan Wanita

Atasan wanita jika dibedakan berdasarkan jenis kainnya ada dua, yakni kemeja dan kaos oblong. Biasanya jika kemeja terbuat dari kain yang kaku (tidak melar). Sedangkan kaos terbuat dari bahan yang bisa melar. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat baju atasan pada wanita.

Kain Cashmere

Kain ini sebenarnya sepintas mirip dengan kain wol. Namun sebenarnya berbeda. Kain jenis ini tergolong mewah karena terbuat dari bulu kambing. Baju atasan wanita dengan bahan casmere ini biasanya dibuat berbentuk rajut.

Produk baju wanita dengan menggunakan bahan kain cashmere cenderung lebih mahal karena memang bahan ini termasuk bahan mewah. Sehingga tidak heran jika orang yang memakai pakaian dengan bahan kain cashmere ini identik dan terkesan mewah serta glamor. Secara singkat kelebihan dari kain ini adalah Mewah dan modern, halus serta lentur sehingga mudah untuk dirapihkan.

Sementara itu kekurangannya yang paling mencolok adalah tidak cocok untuk dipakai atau dikenakan pada saat cuaca lagi panas. Berhubung jenis kain ini memiliki karakter atau sifatnya yang sangat lembut, maka pakaian yang ber-bahan cashmere ini wajib untuk dirawat dengan baik biar bisa awet. Salah satunya adalah dengan memperhatikan bagaimana cara mencuci dan menyimpannya.

Adapun untuk merawat kain yang satu ini biar bisa awet tidaklah mudah karena jika anda salah dalam mencucinya akan bisa mengurangi kualitas dari pakaiannya. Kerusakan ini bisa terjadi dari segi warna serta jahitan dari pakaian tersebut. Adapun untuk mencuci jenis baju wanita yang terbuat dari bahan cashmiere ini tidaklah disarankan mencucinya dengan mesin cuci. Sebaiknya Anda mencucinya dengan cara manual.

Kain Denim

Jenis kain yang satu ini pasti sudah sering mendengarnya. Ya, kain ini berbahan seperti jeans. Baju atasan wanita dengan jenis kain denim ini biasanya berbentuk jaket atau kemeja. Keunggulan jenis kain denim, bila warnanya luntur bisa diperbaharui kembali (diberi pewarna kembali).

Walaupun berbahan seperti jeans, namun kain Denim sesungguhnya tidaklah sama dengan Jeans. Kain denim memiliki karakteristik bahan tersendiri, dan memiliki ciri-cirinya tersendiri yang membedakannya dengan Jeans. Denim adalah salah satu jenis kain yang proses pembuatannya dengan cara ditenun memakai serat katun berwarna biru.

Kain jenis Denim ini dibuat menggunakan bahan yang disebut Twill Weave atau sejenis dengan tenun silang kepar. Dengan begitu maka jenis kain ini mampu menghasilkan garis diagonal yang merupakan ciri khas dari pakaian yang menggunakan kain Denim ini. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain denim ini yang membuatnya banyak diminati, baik oleh pria maupun wanita.

Diantaranya adalah: Tidak mudah robek Terbuat dari baha yang kuat dan tahan lama Terasa nyaman saat dikenakan Terlihat lebih Elegan saat dipakai Sementara itu kekurangannya adalah saat ini banyak terjadi pemalsuan dan dari segi modelnya tergolong monoton.

Hasil tenunan dari kain Denim adalah jenis tekstil yang paling tahan lama dan kuat. Disebut Denim asli atau benar-benar Denim apabila baju atasan wanita tersebut terbuat dari 100% bahan katun. Sementara saat ini cukup banyak juga produk yang menggunakan bahan Denim yang dicampur dengan berbagai bahan lain seperti Spandex yang membuat tekstur-nya bisa lebih elastis.

Kain Katun

Jenis kain yang satu ini juga sering digunakan untuk membuat baju. Biasanya digunakan untuk seragam atau kemeja biasa. Kain katun tidak berbulu, mudah disablon, dan mudah dicuci. Selain itu, jenis kain ini juga mudah menyerap keringat. Tidak heran jika banyak yang menggunakannya untuk dibuat baju atasan wanita dari bahan katun.

Kain katun itu sendiri adalah salah satu jenis bahan kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas. Jenis kain ini menduduki posisi yang cukup tertinggi sebagai bahan pembuatan pakaian yang paling banyak diproduksi di Indonesia.

Bahan katun sendiri secara umum terbagi menjadi dua kelompok yaitu katun yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman kapas, dan yang satunya adalah jenis Linen yang dipintal dan ditenun dari serat tanaman rami. Kain katun itu sendiri jenis-nya cukup banyak, kalau tidak salah ada sekitar 7 atau 8 jenis kain katun.

Namun semua jenis kain katun tersebut memiliki karakteristik yang sama yaitu:

  1. Beberapa jenis katun ada yang terlihat mengkilap
  2. Daya tahannya lebih kuat dan awet
  3. Terasa dingin atau adem saat pakai
  4. Tekstur kain-nya lembut dan halus
  5. Beberapa memiliki serabut-serabut halus
  6. Aman dan tidak menyebabkan alergi

Seperti yang disebutkan diatas bahwa jenis kain katun itu sendiri bermacam-macam, diantaranya adalah: kain katun biasa, kain katun rayon, katun combed, kain katun cina, katun jepang, katun ima royal, katun toyobo, katun linen, katun madinah, dan katun supernova.

Macam-macam Baju Atasan Wanita

Pakaian untuk wanita sangat beragam. Apalagi dewasa ini berbagai produsen pakaian terus berinovasi menciptakan model dan produk jadi baru untuk pakaian wanita. Yuk simak beberapa macam baju atasan yang sering dipakai wanita berikut ini:

Atasan Kemeja Wanita

Pakaian ini sering digunakan oleh wanita. Biasanya berbahan dasar katun atau denim. Kemeja bisa dipadukan dengan celana atau rok. Bahkan jenis kemeja wanita ini bisa digunakan untuk berbagai acara, baik resmi maupun santai.

Contoh Kemeja Wanita Polos Monalisa Lengan Panjang

Kemeja Wanita

Kemeja Wanita

Ini adalah salahsatu contoh kemeja wanita yang sangat populer ditahun 2021 ini, yaitu kemeja wanita lengan panjang polos dengan pilihan warna-warna baju yang disukai wanita seperti lilac, putih, hijau, milo, belt, dan pilihan warna coksu.

Saat tulisan ini kami buat, baju atasan wanita ini masuk dalam nominasi produk terlaris dengan jumlah pelanggan yang memberikan penilaiannya sekitar 246 orang dan halaman produknya di follow oleh sekitar 1000an orang.

Baju atasan wanita yang terbuat dari kain wol (tepatnya wolfis premium) ini cocok banget untuk dikenakan ke tempat kerja ataupun kuliah. Dengan memiliki motif garis-garis menjadikan baju ini terlihat elegan dan stylish.

Memiliki lingkaran dada 100cm dengan panjang baju 64cm, serta memiliki panjang lengan 49cm.

Baju kemeja adalah termasuk baju yang dipilih oleh sebagian besar wanita untuk dikenakan pada acara-acara atau kegiatan yang sedikit agak formal seperti ke kantor ataupun kuliah. Salahsatu kemeja wanita yang cukup laris adalah kemeja polos monalisa tersebut diatas. Jika Anda beruntung masih bisa memperoleh stok-nya, silahkan mampir kesini.

Atasan Kaos Wanita

Jenis pakaian ini memang tergolong santai. Biasanya baju kaos digunakan untuk acara-acara tidak resmi seperti santai di rumah atau untuk jalan-jalan. Jenis baju kaos wanita ini memang lebih nyaman, karena bahannya yang halus dan mudah melar.

Kaos Wanita Desain Suka-Suka Kamu

baju atasan kaos wanita

Atasan Kaos Wanita

Baju kaos termasuk jenis baju kaos yang paling banyak dan paling sering dikenakan baik ditempat-tempat umum, dan utamanya saat dirumah. Tidak ketinggalan rekan-rekan wanita juga cukup menggemari jenis baju atasan wanita ini.

Salahsatu jenis kaos yang mulai banyak diminati saat ini adalah baju kaos jenis custom, yaitu kaos yang bisa Anda pilih untuk menggunakan desan, gambar, ataupun pesan-pesan pavorit sendiri yang bisa dibeli secara satuan. Kaos custom jenis ini memang menawarkan keunikan ini yaitu bisa menggunakan desain sablon/printingnya suka-suka kita.

Adapun jika Anda tidak punya gambar atau desain sendiri, maka Anda bisa membuat baju kaos-nya menggunakan desain templat siap pakai yang masih bisa Anda request untuk di edit atau diubah.

Baju kaos banyak dipilih dan dikenakan, terutama saat santai dirumah ataupun pada aktifitas non formal diluar rumah karena bahan yang digunakan pada kaos tergolong nyaman dan dingin saat dikenakan, terutama pada baju kaos dengan ketebalan 30s (agak tipis). Dan yang banyak dipilih khsusnya oleh kaum wanita adalah jika desainnya cute dan lucu seperti yang bisa Anda temukan di kaos wanita custom store.

Atasan Blazer Wanita

Pakaian yang satu ini bisa dikatakan lebih formal. Banyak digunakan oleh perempuan yang bekerja di kantoran. Terbuat dari kain yang kaku. Potongan baju yang satu ini juga rapi. Baju atasan yang satu ini biasanya juga memberikan kesan tegas dan rapi. Pakaian blazer wanita ini biasanya digunakan untuk menutupi bentuk tubuh pemakainya.

Blazer WanitaProduk fashion wanita yang satu ini merupakan salah satu pakaian favorit yang bisa menunjang penampilan kamu makin stylish. Namun untuk lebih menunjang penampilan Anda maka sebaiknya ketahuilah beberapa tips penggunaan dan pemilihannya berikut ini:

Untuk Anda yang memiliki bagian atas tubuh yang lebar, maka pilihlah blazer wanita yang tanpa kerah. Sementara jika bentuk tubuh Anda lurus, maka sebaiknya kenakan blazer jenis boxy yaitu jenis blazer dengan potongan lurus yang biasanya juga dilengkapi dengan garis tegas pada bagian bahu.

Adapun jenis blazer model crop akan lebih cocok dikenakan oleh Anda yang memiliki tubuh mungil

Bahan dari blazer itu sendiri juga hadir dalam berbagai pilihan dan variasi. Ada bahan blazer wanita yang lebih kaku, hingga yang lebih fleksibel. Namun untuk bahan blazer yang lebih kaku, biasanya itu dipilih atau cocok kenakan untuk orang kantoran atau profesional. Sementara untuk blazer dengan bahan fleksibel lebih cocok dikenakan untuk mereka yang ingin gaya dan kasual.

Selain ketiga jenis diatas, masih ada 2 lagi yang cukup pupuler dikalangan wanita yaitu Cardigan dan Sweater. Cardigan (bisa juga disebut rompi) biasanya berlengan panjang atau seperempat lengan, dan kain yang biasanya digunakan untuk membuatnya adalah rayon. Sementara sweater biasa digunakan saat musim dingin, dan pada umumnya sweater wanita ini terbuat dari kain wol yang halus dan hangat.

Tips Mempercantik Baju Atasan

Lalu bagaimana cara memilih atau mensiasati menggunakan atasan agar pas untuk tubuh kita? yuk simak beberapa tips memilih atasan dan mempercantiknya.

  1. Agar Tubuh Terlihat Langsing
    Agar tubuh terlihat lebih langsing kita bisa menggunakan beberapa baju atasan seperti cardigan atau blazer. Jika pilihan kita jatuh pada cardigan, maka pilihlah yang memiliki bentuk kerah yang membuat dada kita terkesan sempit. Biasanya cardigan yang bisa menutup seluruh tubuh.
    .
    Selain itu, gunakan cardigan yang panjangnya hingga ke paha. Bila pilihan kita jatuh ke blazer, maka carilah yang berbahan tegas. Ini akan menutupi kelebihan berat dalam tubuh kita. Jika tidak, kita bisa menggunakan ikat pinggang dengan bentuk lebih modis.
    .
    Kaitkan ikat pinggang pada bagian perut. Namun jangan terlalu kencang. Kita bisa memilih ikat pinggang karet atau yang biasa. Usahakan ikat pinggang yang digunakan memiliki bentuk dan penampilan yang unik atau glamour.
    .
  2. Agar Kemeja polos Tampak Bewarna Kemeja polos yang kita beli di toko bisa diubah lho menjadi lebih bewarna dan menarik.
    .
    Caranya sangat mudah, yakni gunakan syal berbahan tipis dan bercorak yang pendek. Jangan memilih syal yang sewarna dengan kemeja kita. pilihlah warna yang lebih tegas atau satu tingkat di atas warna kemeja kita.
    .
    Cara menggunakannya, masukkan syal tadi di bawah kerah kemeja. Lalu ikat berbentuk kupu atau cukup kaitkan seperti menggunakan syal pada umumnya.
    .
  3. Kaos polos terlihat trendi Salah satu cara agar kaos lengan panjang polos kita terlihat trendi adalah menggunakan rompi. Pilihlah rompi dengan bahan denim tanpa lengan. Gunakan bersama kaos lengan panjang yang pas di tubuh. dijamin deh, pasti atasan kaos tersebut akan terlihat lebih trendi.

Baju untuk wanita memang beragam. Jadi kita bisa bermain dengan warna dan macamnya untuk menunjang penampilan kita. jangan takut untuk memadukan warna-warna favorit agar baju atasan wanita tetap terkesan trendi, up to date, tidak pasaran, dan tidak ketinggalan jaman. Nah, itulah bagi anda wanita yang ingin tampil menawan, jangan sampai salah memilih baju atasan wanita yang tepat.